30 Juli 2021

Sarana Berita Terbaru dan Terkini

Sarana Berita Terbaru dan Informasi Terkini Langsung dari Sumbernya

Barcelona Vs Alaves Messi Cetak Gol untuk Saingi Suarez

4 min read
barcelona vs alaves

Sebanyak enam gol tercipta dalam laga Barcelona vs Alaves pada ajang La Liga, kasta tertinggi Liga Spanyol, jornada 23. Pertandingan Barcelona vs Alaves sudah terlaksana di Camp Nou pada Minggu, 14 Februari 2021 dini hari WIB. Tuan rumah menang dengan skor telak 5-1.

Lima gol Barca diciptakan oleh tiga pemain berbeda, yakni Francisco Trincao (29′, 74′), Lionel Messi (45+1′, 75′), dan Junior Firpo (80′). Sementara satu gol hiburan Alaves dilesakkan oleh Luis Rioja pada menit ke-57.

Gol kedua Messi (75′) sungguh indah. Sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti, melengkung dan mengarah ke sisi kanan atas dari kiper tim tamu, Fernando Pacheco.

Fernando Pacheco hanya bisa bergemin sembari melihat gol dari pria berjulukan La Pulga itu membobol gawangnya sendiri. Kemenangan Lionel Messi cs tersebut sekaligus membawa Barcelona meraih kemenangan ke-7 secara beruntun di Liga Spanyol.

Hebatnya lagi, Barca belum merasakan kalah dalam 12 pertandingan terakhir mereka di LaLiga, kasta tertinggi Liga Spanyol, yakni 10 kali menang dan 2 kali imbang.

Jalannya pertandingan Barcelona vs Alaves

Barcelona membuat tamunya tak berkutik pada babak pertama dengan penguasaan bola sebanyak 76,8 persen.

Dari segi peluang, El Barca mampu menghadirkan 7 peluang dengan 3 tembakan tepat sasaran, sedangkan Alaves memiliki 3 kesempatan dengan 1 shot on target.

Tiga menit babak pertama baru dimulai, Barcelona sudah mendapatkan peluang untuk unggul melalui sepakan Trincao. Namun, tembakan kaki kiri Trincao dari dalam kotak penalti masih menyamping di sisi kiri gawang Alaves.

Pada menit ke-6, gantian Lionel Messi yang memiliki peluang untuk membuka skor bagi Barcelona. Keteledoran kiper Alaves, Fernando Pacheco yang maju hingga ke pojok kotak penalti coba dimanfaatkan oleh Lionel Messi.

Melalui tembakan kaki kirinya, Messi mencoba mengelabui Fernando Pacheco, tetapi sepakannya sukses diblok dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Sementara itu, Alaves hanya mengandalkan serangan balik cepat untuk mengancam pertahanan Barcelona yang kerap terlambat mundur jika membantu serangan.

Gol pertama dibuka oleh pemain 17 tahun Barca, Francisco Trincao, pada menit ke-29. Berawal dari umpan silang Oscar Mingueza yang ditepis oleh Fernando Pacheco, bola mendarat ke arah Ilaix Moriba yang berdiri bebas.

Ilaix Moriba lantas menyodorkan umpan pendek ke arah Trincao dan sang winger segera menyambar umpan untuk melesakkan bola ke arah pojok kanan bawah gawang Alaves.

Satu pemain Alaves mencoba menutup datangnya bola, tetapi bola lesakan Trincao mampu lolos melalui sela-sela kakinya dan Fernando Pacheco hanya terpaku. Barcelona unggul 1-0.

Gol ini menjadi gol kedua Trincao bersama Barcelona di Liga Spanyol dan satu assist dari Ilaix Moriba menjadi assist pertama dalam debut pemain 17 tahun tersebut bersama El Barca.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan, Barcelona justru berulang kali dipaksa bermain bertahan lantaran serangan balik kilat yang dilancarkan Alaves.

Namun, justru Barcelona yang mampu menambah gol dan mengubah kedudukan menjadi 2-0 berkat gol Lionel Messi pada menit ke-45+1.

Baca juga: Inter Milan vs Lazio Nonton Live Streaming di HP Gratis

Pada babak kedua, tuan rumah masih mendominasi laga Barcelona vs Alaves.

Kreativitas Barca dalam membuat serangan juga semakin meningkat. Riqui Puig dan Lionel Messi berkali-kali berhasil menciptakan peluang.

Akan tetapi, umpan-umpan dari keduanya maupun tembakan percobaan Messi belum membuat keunggulan tuan rumah bertambah.

Sebaliknya, Barca harus kebobolan berkat skema serangan balik Alaves pada menit ke-57 berkat Luis Rioja.

Gol Luis Rioja sekaligus membuat tim tamu kian semangat untuk berbalik menyerang. Usai gol tersebut, beberapa kali mereka tampil agresif.

Akan tetapi, Alaves harus menerima kenyataan kebobolan tiga gol dalam kurun waktu enam menit, tepatnya mulai menit ke-74 hingga menit ke-80.

Barcelona berhasil mencetak gol di hampir setiap peluang yang tercipta pada kurun enam waktu tersebut.

Lionel Messi menjadi motor penggerak tiga gol tersebut. Pada menit ke-74, umpan Messi berhasil dimaksimalkan oleh Trincao.

Semenit berikutnya, kaki kiri Messi membuat kiper Fernando Pacheco terlena. Dia bergeming melihat bola indah La Pulga membobol gawangnya.

Pada menit ke-80, Messi kembali “berulah”.

Umpan kuncinya diterima dengan mudah oleh Antoine Griezmann di depan gawang.

Namun Griezmann tak menendangnya ke arah gawang melainkan memberi umpan kepada Junior Firpo. Dia pun mencatatkan namanya di papan skor berkat umpan Griezmann.

Gol Junior Firpo tersebut sekaligus menutup pesta gol yang terjadi di Camp Nou. Barca menang dengan skor telak 5-1.

Top Skor Liga Spanyol

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, menambah pundi-pundi golnya dalam kejar gelar El Pichichi atau top skor Liga Spanyol.

La Pulga, julukan Messi, menambah dua gol koleksi golnya hingga jornada 23. Total, dia kini mengumpulkan 15 gol.

Jumlah 15 gol tersebut masih terpaut satu gol dari penyerang Atletico Madrid, Luis Suarez.

Ya, Suarez merupakan pemuncak dalam daftar pencetak gol terbanyak atau top skor Liga Spanyol.

Atletico Madrid dan Barcelona sejatinya sama-sama bermain dalam pekan ke-23 Liga Spanyol pada Sabtu (13/2/2021) waktu setempat.

Kedua tim tersebut juga memperoleh kemenangan. Atletico Madrid menang 2-1 ketika bertandang ke markas Granada. Sementara Barcelona membantai Alaves dengan skor 5-1 di Camp Nou.

Akan tetapi, Luis Suarez tak mencetak satu gol sama sekali. Adapun Messi membuat dua gol, satu gol di antaranya sungguh memesona.

Gol kaki kiri Messi pada menit ke-75 ke gawang Alaves dari luar kotak penalti membuat kiper lawan, Fernando Pacheco, hanya bisa diam melihat bola.

Kemudian posisi ketiga dalam top skor Liga Spanyol ditempati oleh pemain Sevilla, Youssef En-Nesyri.

Nama Youssef En-Nesyri tercatat mencetak 13 gol hingga pekan ke-22 Liga Spanyol.

Di bawahnya, ada penyerang andalan Villarreal, Gerard Moreno, yang mengisi posisi keempat top skor Liga Spanyol.

Gerard Moreno terpaut satu gol dari Youssef En-Nesyri atau lebih tepatnya mengoleksi 12 gol.

Berikut daftar top skor Liga Spanyol hingga pekan ke-23, Minggu, 14 Februari 2021:

  1. Luis Suarez (Atletico Madrid) – 16 gol
  2. Lionel Messi (Barcelona) – 15 gol
  3. Youssef En-Nesyri (Sevilla) – 13 gol
  4. Gerard Moreno (Villarreal) – 12 gol
  5. Karim Benzema (Real Madrid) – 11 gol

Susunan Pemain Barcelona vs Alaves

Barcelona (4-3-3): 1-Marc-Andre ter Stegen; 24-Junior Firpo, 21-Frenkie de Jong, 15-Clement Lenglet, 28-Oscar Mingueza; 27-Ilaix Moriba, 5-Sergio Busquets, 12-Riqui Puig; 17-Francisco Trincao, 10-Lionel Messi, 7-Antoine Griezmann

Pelatih: Ronald Koeman

Alaves (4-4-2): 1-Fernando Pacheco; 21-Martin Aguirregabiria, 2-Alberto Rodriguez, 22-Florian Lejeune, 3-Rubern Duarte; 16-Edgar Mendez, 6-Rodrigo Andres Battaglia, 8-Tomas Pina, 17-Inigo Cordoba; 9-Joselu, 7-Lucas Perez

Pelatih: Abelardo Fernandez

Sumber: bali.tribunnews.com