21 April 2021

Sarana Berita Terbaru dan Terkini

Sarana Berita Terbaru dan Informasi Terkini Langsung dari Sumbernya

Tips Mengobati Sembelit Secara Alami Simak Caranya

4 min read
obat sembelit

Sembelit merupakan gangguan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Dikutip dari WebMD, terdapat banyak hal yang bisa menjadi penyebab sembelit. Beberapa orang bisa jadi mengalami sembelit karena makanan yang mereka makan atau hindari, gaya hidup, obat-obatan yang diminum, hingga kondisi medis yang dialami. Sementara sembelit yang kronis biasa dikenal sebagai sembelit idiopatik kronis. Di artikel ini kami akan membahas lebih lanjut dan dalam tentang Tips Mengobati Sembelit Secara Alami, Simak Caranya di bawah ini.

Berikut terdapat beberapa tanda atau gejala sembelit yang bisa dikenali :

  • Buang air besar (BAB) kurang dari tiga kali per minggu
  • Tinja keras, kering, atau menggumpal
  • Kesulitan atau nyeri saat BAB
  • Perasaan bahwa belum semua feses telah keluar setelah BAB
  • Perut kembung
  • Menjadi merasa perlu bantuan untuk mengosongkan isi perut, seperti menekan perut atau menggunakan jari untuk mengeluarkan kotoran dari anus.

Berikut terdapat beberapa Cara Tips Mengobati Sembelit Secara Alami dengan mudah :

1. Minum banyak air

Seseorang dengan sembelit harus mencoba untuk minum lebih banyak air. Dikutip dari Medical News Today, dehidrasi secara teratur bisa membuat seseorang mengalami sembelit. Untuk mencegah hal ini, penting untuk minum cukup air dan tetap terhidrasi.

2. Banyak makan makanan berserat

Untuk mengatasi sembelit, dokter sering meminta orang untuk meningkatkan asupan serat makanannya. Menambah asupan serat dalam makanan dapat memperlancar pencernaan dan membuat tekstur kotoran menjadi lebih padat, sehingga kotoran lebih cepat terdorong keluar dari usus. Di sisi lain, penderita sembelit sebaiknya menghindari makanan atau minuman dengan kandungan gas tinggi, seperti susu, makanan berlemak, dan sayuran tertentu (misalnya lobak dan kol) agar perut tidak terasa kembung hingga menambah ketidaknyamanan.

3. Lebih sering berolahraga

Berbagai penelitian telah melaporkan bahwa olahraga dapat membantu memperbaiki gejala sembelit. Ini terjadi karena lahraga dapat meningkatkan pergerakan otot di saluran cerna atau usus. Sementara, penelitian telah mengaitkan gaya hidup yang tidak banyak bergerak dengan peningkatan risiko sembelit. Oleh arena itu, beberapa ahli kesehatan merekomendasikan untuk meningkatkan olahraga agar feses bergerak.

Cobalah melakukan olahraga ringan, seperti jalan-jalan biasa, berenang, bersepeda, atau jogging untuk mengetahui apakah itu dapat membantu mengatasi sembelit yang dialami.

4. Makanlah makanan probiotik

Probiotik dapat membantu mencegah sembelit kronis. Probiotik adalah bakteri hidup menguntungkan yang secara alami ada di usus. Bakteri tersebut termasuk Bifidobacteria dan Lactobacillus. Orang dapat meningkatkan level keberadaan bakteri baik dengan makan makanan probiotik. Beberapa orang yang mengalami sembelit kronis memiliki ketidakseimbangan bakteri di ususnya. Mengkonsumsi lebih banyak makanan probiotik dapat membantu meningkatkan keseimbangan ini dan mencegah sembelit.

Sebuah penelitian pada 2019 menemukan bahwa mengonsumsi probiotik selama 2 minggu dapat membantu mengobati sembelit, meningkatkan frekuensi tinja, dan konsistensi tinja. Makanan yang mengandung probiotik juga dapat membantu mengobati sembelit dengan memproduksi asam lemak rantai pendek. Ini dapat meningkatkan gerakan usus, membuatnya lebih mudah untuk BAB.

Beberapa makanan yang diyakini mengandung probiotik tinggi, yaitu :

  • Yogurt
  • Kol
  • Kimchi
  • Tempe
  • Sebagai alternatif yang lain, cobalah suplemen probiotik.

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang mulai merasakan manfaat suplemen ini setelah 4 minggu. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen, Anda lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter terlebih dahulu.

5. Makan makanan yang mengandung prebiotik

Prebiotik adalah serat karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Prebiotik termasuk oligosakarida dan inulin. Meskipun serat makanan mengurangi sembelit dengan meningkatkan konsistensi dan sebagian besar tinja, prebiotik memiliki efeknya dengan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Serat prebiotik meningkatkan kesehatan pencernaan dengan memberi makan bakteri menguntungkan di usus, yang meningkatkan probiotik dan meningkatkan keseimbangan bakteri usus. Faktanya, beberapa prebiotik dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar, serta membuat tinja lebih lembut.

Beberapa makanan yang mengandung prebiotik meliputi :

  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Pisang
  • Daun bawang
  • Buncis

Bila tidak kunjung sembuh atau membaik, sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter atau pakar kesehatan.

6. Menghindari kebiasaan menahan buang air besar

Sediakan waktu yang cukup untuk buang air besar. Hindari terburu-buru apalagi menunda-nunda saat ingin buang air besar. Membentuk kebiasaan tersebut dapat membantu memperlancar buang air besar.

7. Menggunakan garam Epsom

Garam Epsom atau yang lebih dikenal dengan garam inggris juga dapat digunakan untuk mengatasi susah buang air besar. Kandungan magnesium sulfat pada garam Epsom jika dilarutkan dalam air dapat mengatasi sembelit jangka pendek. Anda dapat melarutkan sekitar 3–5 sendok teh garam inggris ke dalam 250 ml air putih hangat, kemudian aduk rata dan diminum. Untuk anak-anak usia 6–12 tahun, cukup larutkan 2 sendok teh pada air minum hangat. Namun, metode ini tidak efektif untuk pengobatan jangka panjang dan tidak disarankan untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun.

Selain diminum, garam Epsom juga dapat digunakan untuk mandi. Caranya, campurkan 350 garam Epsom di dalam bak mandi atau bathtub berisi air hangat, kemudian berendamlah. Pada saat berendam, kandungan mineral di dalam air garam Epsom dapat meresap ke dalam tubuh dan melancarkan pencernaan Anda, sehingga keluhan sembelit pun bisa teratasi.

8. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat membuat tinja lebih lunak, sehingga buang air besar lebih lancar. Anda bisa mencampur satu sendok makan extra virgin olive oil pada segelas air jeruk untuk kemudian diminum. Selain itu, minyak zaitun dapat digunakan sebagai campuran salad. Namun, perlu diingat bahwa minyak zaitun sebaiknya tidak digunakan untuk mengatasi masalah susah buang air besar dalam jangka panjang.

9. Mengonsumsi kafein

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi, teh, dan coklat hitam dapat merangsang otot-otot dalam sistem pencernaan untuk berkontraksi. Efek ini membuat kafein dapat melancarkan pencernaan dan merangsang Anda untuk buang air besar. Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein secara berlebihan. Hal ini karena kafein juga memicu buang air kecil lebih banyak dan lebih sering, sehingga menyebabkan dehidrasi. Anda cukup perlu meminum satu gelas minuman berkafein per hari dan imbangi dengan minum air putih lebih banyak untuk menjaga asupan cairan tubuh Anda setiap hari.

Selain melakukan cara mengatasi susah buang air besar secara alami di atas, Anda juga dapat menggunakan obat pencahar atau obat pelancar BAB yang dijual bebas. Namun, penting untuk selalu membaca label kemasan terlebih dahulu untuk mengetahui dosis dan cara mengonsumsi yang tepat. Jika sembelit sudah berlangsung lama atau jika cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi keluhan susah buang air besar yang Anda alami, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Semoga Bermanfaat.